Pembagian LHE AKIP Regional II, Pemkab/kot Jatim Siap Terima Rapor Akuntabilitas

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), kembali akan menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) kepada pemerintah daerah wilayah regional II. 

Penyerahan LHE AKIP wilayah regional 2 yang mencakup pemerintah kabupaten/Kota se-Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung dan Jawa Timur, direncanakan akan diserahkan kepada para pimpinan daerah langsung oleh Menteri PANRB RI Asman Abnur.

Penyerahan hasil evaluasi akan dilakukan bersamaan dengan pemberian penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang mendapatkan predikat baik. Bertempat di Kantor Gubernur Jawa Timur besok (Selasa, 31/1), acara ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, para Bupati dan Walikota wilayah regional 2 serta para pejabat di lingkungan Kemen PANRB RI. 

Penyerahan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dilakukan dalam rangka untuk memberikan gambaran sudah sejauh mana instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan kinerja atau hasil dari penggunaan anggaran. Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja diberikan dalam bentuk simpulan penilaian yang menunjukkan derajat kemampuan setiap instansi pemerintah menerapkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented government). 

Karena itu, diharapkan para pemerintah daerah untuk benar-benar melaksanakan pengalokasian dan penggunaan anggaran atas dasar hasil yang benar-benar memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. (p/ab)